Home » » Tau Gak Kenapa Mata Kita Selalu Tertutup Saat Bersin

Tau Gak Kenapa Mata Kita Selalu Tertutup Saat Bersin

Written By Raden Silaban on Sunday, October 27, 2013 | 6:58 AM


mata-tertutup-saat-bersin

Bersin bisa diakibatkan oleh berbagai sebab, bisa karena debu, alergi, atau karena flu. Yang pasti, setiap orang bersin selalu menutup matanya. Kamu pasti tidak pernah melihat orang yang bersin dengan mata terbuka atau bahkan melotot bukan?

Sternutatory reflex adalah istilah medis untuk bersin, yaitu refleks yang membuat kamu bersin. Sebenarnya bersin itu adalah sesuatu yang baik karena berguna untuk membersihkan faring atau rongga antara hidung, tenggorokan, dan mulut

Mungkin kita menganggap proses bersin sangat sederhan. Ternyata tidak seperti itu karena bersin adalah tindakan tubuh yang sangat rumit. Bersin terjadi ketika ada kontak dengan iritasi di mukosa hidung yang kemudian merangsang saraf trigeminal. Hal ini akan bisa merangsang medullai dan pons di otak kita, yang kemudian dapat memicu reaksi tambahan pada saraf.

Seperti yang dikutip dari Theregister.co.uk, selama proses bersin terjadi tekanan yang sangat besar pada tubuh kita, dan pada bagian mata terjadi tekanan udara yang cukup penting. Sebenarnya tekanan udara tersebut tidak akan membuat mata keluar dari tempatnya, tapi membuat mata kita terasa sangat tidak nyaman.

Bagian lain yang terpengaruh karena adanya dorongan ketika bersin adalah organ tubuh seperti dada, perut, wajah, dan leher. Saat terjadi bersin, rangsangan akan melalui wajah dan membuat kelopak mata menutup atau berkedip. Hal ini tidak bisa kita kontrol.
Beberapa mitos seputar bersin, diantaranya :

1. Pada zaman kuno bersin dianggap dapat mengusir jiwa seseorang. Orang zaman dulu menganggap bahwa jiwa terbuat dari udara dan berada di kepala.
2. Pada abad pertengahan suara bersin adalah sesuatu yang sangat menakutkan karena dianggap dapat menimbulkan kematian seseorang.
3. Sebagian orang percaya mitos yang mengatakan bahwa bersin dapat menyebabkan jantung manusia berhenti. Namun hal ini hanyalah sebuah mitos dan tidak pernah terbukti secara ilmiah.
4. Lendir dan benda-benda asing yang ada pada mulut akan keluar dengan kecepatan tinggi, yaitu 161 km/ jam ketika kita bersin. Disarankan untuk tidak menahan bersin karena dapat membahayakan diri sendiri ketika menahan bersin.
Demikianlah penjelasan singkat kenapa mata kita selalu tertutup ketika sedang bersin. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger