Home » » Cantiknya Daerah Kumuh Brasil

Cantiknya Daerah Kumuh Brasil

Written By Raden Silaban on Tuesday, September 23, 2014 | 5:20 AM

Vidigal, daerah kumuh Rio de Janeiro semakin memikat. Pemandangan Atlantik dari 'slum' itu indah, dan suasana seni yang hidup menjadikannya lokasi menyenangkan bagi orang kaya dan orang asing. Tapi harga jadi naik.

Favela dengan Suasana Unik

Sekolah akting terkenal, pemandangan menakjubkan dan seni jalanan di dinding-dinding. Dulunya ini daerah kriminal yang segan dikunjungi orang. Kini daerah kumuh Vidigal jadi tempat menikmati seni dan alam.

Daerah Kumuh di Selatan

Vidigal terletak di pegunungan curam di bagian selatan kota Rio de Janeiro, yang berada di atas pantai Ipanema yang terkenal dan daerah orang kaya Leblon. Di malam hari, lampu dari rumah-rumah sekitarnya berkedap-kedip dengan romantis di langit malam.

Pemandangan Indah, Harga Tinggi

Di tahun 1960-an, banyak warga miskin Brasil pindah ke daerah di pegunungan itu karena di Leblon banyak pekerjaan. Tetapi harga rumah dan sewa yang makin tinggi menjadikan kawasan itu tidak terbayar lagi oleh mereka yang awalnya bermukim di situ.

Protes terhadap Peningkatan Nilai

Sekarangpun penduduk Vidigal masih bangga karena menang perlawanan terhadap pendirian apartemen mewah di daerah mereka tahun 1970-an. Pada saat bersamaan, mereka menerima banyak dukungan dari seniman dan musisi.

Seluruh Rio Tunduk di Kakinya

Sekarang Vidigal bukan lagi daerah kumuh penuh kriminalitas, melainkan destinasi wisatawan. Di sini mereka bisa berjalan-jalan dan membuat foto. Di siang hari, orang bisa memandang sampai Copacabana, di mana tamu pesta berkumpul saat matahari terbenam.

Berlibur di Vidigal

Banyak wisatawan memutuskan tinggal lebih lama. Beberapa hotel kecil menawarkan kamar dengan harga terjangkau, termasuk pemandangan indah.

Favela Bintang Lima

Banyak pembangunan berlangsung di Vidigal. Bahkan rencana untuk membangun hotel bintang lima dan akomodasi mewah lain sudah terdengar kabarnya dalam beberapa tahun terakhir. Hotel Mirante do Arvrão adalah yang terakhir dalam proyek ini. Sebuah kamar dalam kategori 'deluxe' harganya 130 Euro (lebih dari dua juta Rupiah) per malam.

Seberapa Aman?

Banyak orang berpendapat, keadaan di 'slum' itu lebih aman daripada di pantai Copacabana. Yang jelas, perampokan sudah jarang di Vidigal. Sejak polisi satuan khusus UPP menduduki daerah kumuh Rio, banyak penjual obat bius terdesak. UPP sudah ditempatkan di Vidigal sejak Januari 2012.

Tempat Bernilai Teratas

Proyek-proyek hotel baru dan melonjaknya jumlah pembeli rumah mendorong penghuni dari daerah itu. Kembali, komunitas penduduk daerah kumuh itu menghadapi tantangan untuk membela diri terhadap penggusuran.
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger