Home » » Tau Gak Jaring Laba-Laba Terbuat dari Apa

Tau Gak Jaring Laba-Laba Terbuat dari Apa

Written By Raden Silaban on Friday, July 5, 2013 | 5:35 AM

jaring-laba-laba

Sobat  pasti pernah melihat laba-laba, atau setidaknya pernah nonton film spiderman. Jaring laba-laba yang dibuat oleh spiderman mampu menahan beban yang sangat berat, kog bisa ya? Hmm, semua itu memang hanya di film saja. Namun, sebenarnya jaring yang dibuat oleh laba-laba sungguhan merupakan serat yang sangat kuat lho.

Jaring laba-laba ini adalah benang yang dibuat dari benang sutra yang berbahan dasa protein yang disebut dengan fibrions. Dan ternyata, benang ini sangat kuat. Bahkan bila benang dari laba-laba ini dibandingkan dengan baja dengan berat yang sama, maka benang laba-laba ini akan lebih kuat dan tentunya lebih elastis.

Kuat dan sangat elastis, kedua karakteristik ini menjadikan benang laba-laba menjadi salah satu bahan yang paling hebat. Bahkan para ilmuwan berusaha untuk menciptakan benang laba-laba buatan.

Dalam tubuh laba-laba terdapat kelenjar khusus di ujung perut mereka dan berfungsi sebagai alat pemintal. Benang sutra dari laba-laba ini disekresi sebagai cairan oleh alat pemintal tadi. Dan ketika terjadi kontak antara cairan tersebut dengan udara, cairang itu akan mengeras dengan cepat dan menjadi sutra halus yang sangat kuat. Saat diproduksi, Laba-laba menggunakan kakinya untuk menarik benang tersebut sepanjang yang dibutuhkannya.

Laba-laba bisa merangkai benang tersebut menjadi sebuah jaring yang berfungsi untuk menangkap mangsanya. Lalu, kenapa laba-laba tidak bisa terperangkap di jaring yang dibuatnya? Laba-laba mengetahui bagian yang lengket pada jaring yang dibuatnya. Selain itu, laba-laba selalu bergerak dengan perlahan dan lembut di atas jaringnya, karena perekat pada jaringnya akan mengeras seketika jika ada pergerakan tiba-tiba di atasnya. Itulah sebabnya laba-laba sangat jarang terperangkap di dalam jaringnya sendiri.

Demikianlah penjelasan singkat jaring laba-laba terbuat dari apa. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Sumber : Sok tau bangat
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger