Home » » Tau Gak Apa Manfaat Kerikil di Antara Rel Kereta Api

Tau Gak Apa Manfaat Kerikil di Antara Rel Kereta Api

Written By Raden Silaban on Friday, July 5, 2013 | 5:34 AM


manfaat-kerikil-di-antara-rel-kereta-api

Kamu pernah melihat rel kereta api atau kereta listrik? Biasanya di sekitar rel kereta ini ada banyak batu kerikil. Kalau dijalan raya, tentunya batu kerikil akan sangat mengganggu karena bisa membuat ban kendaraan tergelincir. Tapi batu kerikil yang ada di rel kereta justru bermanfaat lho. Apa sih gunanya batu kerikil di sekitar rel kereta tersebut? Baca sampai selesai ya.

Untuk membuat posisi rel tetap berada pada tempatnya dengan stabil, digunakan batu kerikil sebagai bantalan. Selain sebagai bantalan rel kereta, batu kerikil juga befungsi untuk menahan guncangan kereata yang melaju dengan kecepatan tinggi di atas rel tersebut.

Memang pada kereta sudah disediakan pegas untuk menahan guncangan. Nah, batu kerikil ini akan semakin memperkecil guncangan di bawah kereta api ketika melintas di atas rel. Getaran akibat kereta api yang lewat akan dapat diredam atau diperkecil sehingga tidak merambat terlalu besar ke area perumahan yang ada di sekitar rel kereta.

Selain itu, batu kerikil juga berfungsi untuk menahan dan memperlancar aliran air ketika rel kereta di guyur hujan. Hujan dapat mengakibatkan pengikisan pada tanah, itulah sebabnya air tersebut harus dialirkan. Batu kerikil juga berfungsi untuk mencegah tanah di bawah rel mengalami penggemburan akibat tumbuhnya rerumputan. Tanah yang gembur dan tidak stabil tentunya akan membahayakan perjalanan kereta api.

Namun, tidak semua bagian rel kereta apai ada kerikilnya. Ada beberapa rel kereta api yang tidak membutuhkan kerikil karena fungsi kerikil tersebut telah digantikan oleh mekanisme lain. Contohnya adalah rel kereta yang melalui jembatan, rel kereta api yang berada di atas jembatan tidak perlu lagi dibuat batu kerikil karena jembatan sudah dirancang agar kuat menahan getaran saat kereta api melintasinya. Rel kereta yang berada di jalan raya juga tidak memerlukan kerikil karena aspal telah menggantikan fungsinya.

Demikianlah penjelasan singkat manfaat batu kerikil diantara rel kereta api. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Sumber : Sok tau bangat
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger