Home » » Tau Gak Kenapa Mata Kucing Bisa Menyala

Tau Gak Kenapa Mata Kucing Bisa Menyala

Written By Raden Silaban on Friday, July 5, 2013 | 5:45 AM

mata-kucing


Sobat Sok Tau pasti pernah melihat mata kucing yang menyala. Ketika kita memberikan cahaya – misalnya dengan senter  - pada wajah kucing, maka mata kucing tersebut akan memantulkan cahaya menyala. Mata 
kucing yang menyala ini seringkali terlihat menyeramkan, walaupun itu berasal dari seekor kucing yang lucu.

Namun, mata kucing tidak selalu memperihatkan sinar yang menyala ketika terkena cahaya. Mata kucing akan menyala ketika diberikan cahaya dari sudut-sudut tertentu saja. Kamu pasti penasaran, kenapa mata kucing bisa menyala? Baca terus artikel ini untuk mengetahuinya.

Pada mata kucing terdapat sistem mekanisme tertentu untuk menerima dan mengatur cahaya yang datang. Sitem mekanisme mata kucing ini disebut dengan Tapetum Lucidum, yaitu sistem dalam mata kucing yang memantulkan cahaya dan tidak menyerap cahaya yang datang dan masuk ke retina. Fungsi dari Tapetum Lucidum ini adalah memberikan kemampuan pada retina mata kucing dan meningkatkan penglihatannya.

Letak dari Tapetum Lucidum ini berada pada bagian belakang retina mata kucing dan berupa membran-membran yang terdiri dari 15 lapisan khusus. Di dalam membran-membran mata kucing ini terdapat sel-sel yang berkilauan dan memberikan pengaruh persis seperti cermin dan memantulkan cahaya.

Biasanya warna pantulan cahaya yang muncul dari mata kucing adalah berwarna emas atau kehijauan. Tapi ada beberapa mata kucing yang memantulkan cahaya berwarna lain, misalnya seperti mata kucing siam yang dapat mengeluarkan warna merah atau ruby.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa mata kucing bisa menyala bila terkena cahaya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Sumber : Sok Tau bangat
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger