Home » » Tau Gak Kenapa Jarum Jam Berputar Dari Kanan ke Kiri

Tau Gak Kenapa Jarum Jam Berputar Dari Kanan ke Kiri

Written By Raden Silaban on Friday, July 5, 2013 | 5:18 AM



jam

Seperti yang kita ketahui, arah jarum jam itu berputar dari kanan ke kiri. Sobat Sok Tau pernah penasaran ga, kenapa arah jarum jam itu berputar dari kanan ke kiri, kenapa nggak dari kiri ke kanan? Di artikel ini tim Sok Tau akan mencoba menjelaskan jawabannya pada kamu.

Dulu, jam hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja, atau lebih tepatnya hanya orang-orang kaya saja yang bisa memiliki jam. Berbeda dengan sekarang, selain untuk penunjuk waktu, jam tangan bisa dijadikan aksesoris. Bukan hanya sebagai penunjuk waktu saja, sekarang ini jam sudah menjadi sebuah perhiasan atau perlengkapan yang wajib dimiliki. Bentuk, ukuran, dan warna jam jaman sekarang juga sudah sangat berfariasi.

Kembali ke topik utama, kenapa perputaran jarum jam dari kanan ke kiri. Ini berawal dari jaman dahulu, jauh sebelum jam seperti sekarang ini ditemukan. Pada jaman dahulu, beberapa suku dan bangsa kuno sudah menciptakan sistem pengukuran waktu dengan cara yang unik. Contohnya adalah bangsa Mesir yang sudah memanfaatkan pergerakan matahari sebagai penentu waktu. Bangsa Mesir pada jaman dahulu ternyata sudah memiliki sistem waktu yang mereka gunakan dengan bantuan sinar matahari.

Bangsa Mesir membangun sebuah tugu yang besar yang disebut dengan Obeliks yang ditempatkan di posisi tertentu. Ketika matahari bergerak maka bayangan yang dibuat oleh tugu Obeliks tadi juga ikut bergerak sesuai dengan arah pergerakan matahari. Nah, dari sanalah mereka bisa mengukur waktu.
Lalu kenapa dari arah kanan ke kiri? Mesir itu berada di belahan bumi bagia utara, sedangkan matahari mulai terbit dari arah timur. Nah, ketika matahari bergerak dari arah timur maka bayangan dari tugu Obeliks itu kemudian bergerak ke kanan. Itulah sebabnya kenapa arah jam dibuat berputar dari arah kanan ke kiri.

Ok sobat sekian dulu penjelasan kenapa jarum jam berputar dari arah kanan ke kiri. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Sumber : Sok tau bangat 
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger