Home » » Tak mau kalah, Azerbaijan bangun gedung tertinggi di dunia

Tak mau kalah, Azerbaijan bangun gedung tertinggi di dunia

Written By Raden Silaban on Sunday, October 27, 2013 | 6:30 AM




Burj Khalifa adalah sebuah gedung pencakar langit di Dubai yang dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia sejak tahun 2010. Ketinggiannya mencapai 2.717 kaki atau 828 m. Rupanya Azerbaijan juga tidak mau kalah. Negara ini berencana membangun gedung tertinggi di dunia untuk melengkapi kontruksi pulau buatan yang sedang dibangun di tepi Laut Kaspia, barat daya Azerbaijan, Bakou. Azerbaijan Tower akan dibangun setinggi 3.445 kaki atau 1.050 m, seperti yang dilansir di Gizmag.

Menurut News.Az, Azerbaijan Tower akan memiliki 189 lantai dan dibangun oleh Avesta Consern sebagai bagian dari pengembangan Kepulauan Khazar. Menara ini akan membentuk inti dari pembangunan Khazar yang terdiri dari 41 pulau-pulau buatan yang tersebar di area seluas 2.000 hektar. Dana pembangunan Azerbaijan Tower diperkirakan mencapai USD 2 miliar, sedangkan kota yang dirancang untuk rumah satu juta penduduk dan berisi segala fasilitas kota modern dan trek pacuan kuda diperkirakan menelan biaya USD 100 miliar.

Rencana pembangunan gedung pencakar langi tertinggi di dunia ini tentu sangat mengejutkan. Apalagi mengingat iklim perekonomian dunia kini sedang tidak stabil. Avesta, perusahaan pengembang Azerbaijan Tower, akan memulai pembangunan gedung ini pada tahun 2015 dan selesai sekitar tahun 2018-2019. Kepulaun Khazar juga akan dirampungkan pada tahun 2022.

Iklim ekonomi global memang sedang tidak stabil, tetapi Azerbaijan mampu menjawab tantangan ini dengan percaya diri. Pembangunan kepulauan buatan dan gedung tertinggi di dunia merupakan langkah nyata yang ditunjukkan Azerbaijan. Salut!
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger