Home » » Tau Gak Kenapa Kabel Listrik Tegangan Tinggi Ada Bola-Bolanya

Tau Gak Kenapa Kabel Listrik Tegangan Tinggi Ada Bola-Bolanya

Written By Raden Silaban on Sunday, October 27, 2013 | 6:42 AM

bola-bola-pada-kabel-listrik-tegangan-tinggi


Kamu mungkin pernah melihat kabel listrik yang dipasang bola-bola berwarna disusun dengan rapih. Sebenarnya untuk apa sih bola-bola berwarna tersebut dipasang di kabel listrik tersebut?
Bola-bola berwarna di kabel listrik itu sebenarnya adalah sebuah tanda peringatan bagi pilot pesawat atau helikopter agar tidak menabrak kabel listrik tersebut. Pilot pesawat tidak bisa melihat bentangan kabel listrik dari angkasa, sehingga perlu dibuat tanda agar dapat terlihat dari angkasa.


Pertanyaan selanjutnya, kenapa hanya beberapa kabel listrik saja yang dipasangi bola-bola? Bola-bola berwarna ini hanya dipasang pada kabel listrik bertegangan tinggi dan berada pada area yang luas. Selain untuk tanda untuk para pilot pesawat, bola-bola berwarna oranye yang dipasang di kabel teratas berguna untuk sebagai  penangkal petir.

Alasan menggunakan bola-bola berwarna oranye adalah karena warna tersebut sangat mencolok dan mudah terlihat. Bola-bola tersebut juga sering dibuat seperti garis listrik yang ditandai dengan cahaya akibat medan listrik atau lampu yang dibuat berkedip.

Lalu alasan menggunakan tanda berbentuk bulat seperti bola adalah karena bentuk bulat tidak mengakibatkan hambatan angin yang besar. Sehingga bila terjadi gerakan angin dari berbagai arah, tidak menimbulkan goyangan yang besar pada kabel listrik tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kabel listrik tegangan tinggi ada bola-bolanya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger