Home » » Tau Gak Kenapa Kita Bisa Mabuk Saat Membaca Di Mobil

Tau Gak Kenapa Kita Bisa Mabuk Saat Membaca Di Mobil

Written By Raden Silaban on Sunday, October 27, 2013 | 7:06 AM

wanita-pusing


Kamu pernah membaca buku, majalah, atau koran di dalam kendaraan yang sedang berjalan? Pasti kamu akan merasa pusing setelah beberapa saat. Kondisi mabuk, baik itu karena perjalanan mobil ataupun dengan alat transportasi lainnya adalah karena ketidakseimbangan antara situasi yang diharapkan oleh otak dengan informasi yang diterima oleh indera kita.

Otak akan mensintesis informasi yang datang dari indera kita untuk mengembalikan keseimbangan. Informasi ini datang dari penglihatan, pendengaran, dan indera yang lainnya. Saat semua informasi yang masuk tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh otak kita, maka kita akan mengalami mabuk dan ingin muntah.

Ketidakseimbangan informasi yang masuk ke otak mengakibatkan kita mengalami mabuk dan mual. Untuk membantu mengurangi rasa mabuk bisa dilakukan dengan melihat keluar jendela. Itulah sebabnya kenapa pengemudi kendaraan sangat jarang mabuk, ini karena dia mendapatkan informasi yang sesuai dengan diharapkan oleh otak ketika mengemudi kendaraannya.

Cara ini bisa juga dilakukan ketika kita naik kapal laut untuk mencegah mabuk laut. Usahakan agar selalu bisa melihat cakrawala sehingga otak dan tubuh kita akan beradaptasi dan bisa mengatasi gerakan kapal ketika mendapat guncangan. Namun, dengan cara ini kita merasakan sensasi di kapal ketika sudah berada di daratan, bahkan sensasi ini bisa dirasakan hingga beberapa hari.

Selain kendaraan darat dan laut, para astronout juga bisa mengalami mabuk. Sekitar 70% dari calon astronout pasti mengalami masalah mabuk dan mual ketika menjalani test. Kondisi telinga kita tidak dapat menentukan posisi turun atau naik saat tidak ada gravitasi. Beberapa calon astronout bahkan sering tidak menyadari bahwa posisi mereka sedang terbalik walaupun orientasi mereka sudah normal kembali.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kita bisa mabuk saat membaca di dalam mobil. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger