Home » » Tau Gak Kalau Sering Mengepalkan Tangan Membantu Daya Ingat

Tau Gak Kalau Sering Mengepalkan Tangan Membantu Daya Ingat

Written By Raden Silaban on Friday, July 5, 2013 | 5:52 AM


kepalkan-tangan-agar-tidak-mudah-lupa


Beberapa orang mengalami penurunan daya ingat ketika mereka masih muda. Hal ini tentunya bisa disebabkan berbagai faktor, termasuk kebiasaan seseorang. Menurut penelitina di Amerika, orang yang sering mengepalkan tangan mereka biasanya akan membantu memperkuat daya ingat orang tersebut.

Para peneliti ini mengatakan bahwa dengan mengepalkan dan meremas tangan kanan dan kiri dengan kuat dapat membantu seseorang untuk mengingat kembali. Dari hasil penelitian Dr. Ruth Proper menunjukkan bahwa gerakan tubuh yang sedarhana dapat mengubah sementara fungsi otak dan akan memperkuat daya ingat seseorang.

Lebih lanjut, Dr. Propper memberikan saran agar kita melakukan cara tersebut ketika berusaha mengingat daftar belanjaan atau nomor telepon orang. Para peneliti mengumpulkan partisipan, dan memberikan mereka bola karet untuk diremas sekuat mungkin, lalu mereka akan disuruh mengingat 72 kata. Dua menit kemudian, mereka disuruh meremas bola karet itu lagi dan mengumpulkan kata sebanyak yang mampu mereka ingat.

Pada kelompok pertama menggunakan tangan kiri untuk meremas bola karet, sedangkan kelompok kedua menggunakan tangan kanan mereka. Pada kelompok ketiga, mereka mengepalkan tangan sebelum mengingat kata-kata tersebut, lalu mengepalkan tangan kiri ketika menyebutkan kata-kata tersebut. Sedangkan kelompok keempat melakukan kebalikan yang dilakukan oleh kelompok tiga. Dan kelompok kelima hanya memegang bola karet dan tidak meremasnya sama sekali

Dari hasil percobaan itu diketahui bahwa mereka yang meremas dengan tangan kanan lalu diikuti tangan kiri mampu mengingat sebagian besar kata-kata tersebut. Sedangkan mereka yang mengepalkan tangan kiri dan kanan secara bersamaan mendapat hasil terbaik kedua. Mereka yang tidak meremas bola karet sama sekali mengingat lebih baik dari mereka yang meremas bola karet dengan tangan kiri terlebih dahulu.

Dengan melakukan gerakan mengepalkan tangan kanan maka akan mengaktifkan daerah otak yang berfungsi untuk menyimpan ingatan, sedangkan meremas dengan tangan kiri akan membuat area otak sebagai kunci untuk mendapatkan kembali informasi. Dr. Propper mengatakan bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah tipe memori lainnya masih bisa ditingkatkan, dan apakah orang yang bertangan kidal bisa menggunakan cara seperti ini.

Demikianlah penjelasan singkat tentang mengepalkan tangan dapat membantu daya ingat. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Sumber : Sok tau bangat
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger