Home » » Tau Gak Kenapa Biskuit Berlubang-Lubang

Tau Gak Kenapa Biskuit Berlubang-Lubang

Written By Raden Silaban on Sunday, October 27, 2013 | 6:43 AM

kenapa-biskuit-berlubang


Kalau kita perhatikan, pada bagian badan biskuit biasanya selasa selalu ada lubang-lubang yang dibuat secara teratur. Ada lubang yang dibuat kecil-kecil, dan ada juga lubang yang dibuat agak besar. Selama ini kita pasti berpikir bahwa lubang-lubang ini hanyalah dekorasi agar biskuit terlihat lebih menarik. Apa benar demikian?

Ternyata pabrik pembuat biskuit tidak membuat lubang-lubang itu sebagai dekorasi, dan ada maksud lain. Setiap kali adonan biskuit dibuat, pasti ada udara yang masuk ke dalam adonan tersebut. Kalau adonannya skala kecil, udara ini pasti mudah terlihat dan bisa segera diantisipasi. Namun, tidak demikian bila adonan ini dibuat di sebuah pabrik biskuit berskala besar.

Untuk adonan berskala besar tentunya untuk mencegah udara masuk bukanlah hal yang mudah. Seringkali udara yang terperangkap di dalam adonan tersebut akan membuat masalah bagi produk yang dibuat. Udara tersebut akan menimbulkan adanya gelembung di bagian tengah adonan. Jika gelembung tersebut pecah akan terlihat jelek dan matang lebih cepat dan mudah gosong.

Hal ini sering terjadi pada kue yang dipanggang di oven, di mana pada bagian yang menggelembung sudah terlebih dahulu matang dan gosong, sedangkan bagian tengahnya belum matang. Lalu bagaimana cara mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi?

Sebelum adonan tersebut dipanggang, adonan biskuit yang sudah dibentuk tipis terlebih dahulu diarahkan ke sebuah tabung yang memiliki duri-duir. Tabung yang berduri ini akan digilingkan ke atas adonan biskuit sehingga akan membentuk lubang yang akan membantu mengeluarkan udara di dalam adonan.

Bentuk dan ukuran duri yang digunakan untuk melubangi adonan biasanya berbeda-beda, tergantung pada suhu pemanggangan, jenis adonan, dan tampilan biskuit yang diinginkan. Dan setelah adonan selesai dipanggang akan meninggalakn lubang-lubang di badan biskuit tersebut.
Demikianlah penjelasan singkat kenapa biskuit berlubang-lubang. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger