Home » » Tau Gak Apa Manfaat Kuning Telur

Tau Gak Apa Manfaat Kuning Telur

Written By Raden Silaban on Friday, July 5, 2013 | 5:55 AM

manfaat-kuning-telur

Telur ayam adalah bahan makanan yang paling mudah diolah dan kebanyakan dari kita menyukai rasanya. Telur itu terdiri dari 3 bagian, yaitu, kuning telur, putih telur, dan cangkang. Pada bagian kuning telur ayam inilah yang nantinya akan tumbuh menjadi ayam bila dibuahi dan dierami.

Kuning dan putih telur merupakan bahan makanan yang sehat dan di dalamnya terkandung banyak nutrisi. Namun, banyak orang yang menganggap kuning telur bisa meningkatkan kolesterol di dalam tubuh mereka dan akhirnya takut makan kuning telur.

Sebenarnya, walaupun kuning telur menganung kolesterol, bahan makanan ini sangat baik dikonsumsi, asal tidak berlebihan. Di dalam kuning telur terdapat mineral dan juga vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa vitamin yang terkandung dalam kuning telur adalah vitamin B12, vitamin D, vitamin E, Vitamin K, dan folat. Semua nutrisi tersebut sangat perlu untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Di dalam kuning telur juga terkandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita, antara lain; zat besi, sodium, selenium, kalsium, dan magnesium. Sebenarnya kandungan mineral ini juga terdapat pada putih telur, namun tidak sebanyak yang ada di kuning telur. Zat besi terdapat pada kuning telur sebanyak 93%, sedangan putih telur mengandung zat besi sebanyak 7% saja.

Apa saja manfaat kuning telur?

1. Baik untuk kesehatan mata
Kandungan karotenoid yang terdapat pada telur dapat menurunkan resiko terjadinya degenerasi pengelihatan mata dan katarak pada mata. Kuning telur mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang masuk ke dalam retina mata, selain itu kuning telur dapat membantu kemampuan fokus pada mata menjadi lebih baik.

2. Sehat untuk jantung
Kuning telur juga mengandung choline yang dapat memaksimalkan fungsi kardiovaskuler. Para peneliti sudah melakuna studi tentang ini, dan mereka menyimpulkan bahwa telur adala bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk sarapan. Selain itu, protein dalam telur juga bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga kita bisa menahan lapar lebih lama.

Ok sobat, sekian dulu informasi tentang manfaat kuning telur. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Sumber : Sok tau bangat
Share this article :
Comments
0 Comments

Join disini dulu ya, Like This !!!

×

Powered By Berbagi Ilmu SEO and TUTORIAL BLOGGING

Live Traffic Feed

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Be diffrent - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger